Kupas Tuntas Tentang Keikhlasan – Ustadz Abu Haidar Assundawy

2
706

… Janganlah kita melelah-lelahkan diri dengan memperbanyak amal semata-mata, karena betapa banyak orang yang memperbanyak amalan akan tetapi tidak ada faidah bagi dirinya kecuali hanya sekedar kelelahan didunia dan adzab di akhirat, sebagai contoh sebuah hadits Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda “Betapa banyak orang yang shaum, tetapi tidak ada yang dia dapatkan dari shaumnya kecuali hanya lapar, dan betapa banyak orang yang melakukan qiyam (sholat taraweh) tapi tidak ada yang dia dapatkan dari qiyamnya hanya begadang”  hadits ini dikeluarkan imam ibnu majah dan imam an-nasa’i dari abu hurairah dengan sanad yang shohih. Oleh karena itu sebelum kita melangkah lebih jauh, hendaknya kita mengetahui apa saja syarat yang harus terpenuhi dalam suatu amalan agar amalan itu diterima. Ada dua perkara penting dan agung yang harus terpenuhi dalam satu amalan agar amalan itu diterima, kalau tidak terpenuhi maka amalan itu tidak diterima alias ditolak.

Adapun syarat yang pertama adalah hendaknya pelaku amalan meniatkan amalan hanya untuk meraih wajah Allah Azza wa Jalla (Ikhlash).

Adapun syarat yang kedua adalah  amal tersebut harus sesuai dengan apa yang Allah syariatkan dalam kitabNya atau yang dijelaskan oleh RosulNya oleh Sunnahnya (Mutaba’ah).

Demikianlah kutipan rekaman daurah 10 hari terakhir di bulan ramadhan 1434H  yang membahas kitab Al-Ikhlas.

semoga bermanfaat.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here