MERAIH SHOLAT YANG KHUSYU – Ustadz Abu Khaleed Resa Gunarsa, Lc.

0
1484
meraih sholat yang khusyu

Bismillah,

Berikut merupakan rekaman Kajian Islam Ilmiah Tematik Jumat Sore yang dilaksanakan di Masjid Darul Ihsan Telkom Corporate University Jl. Gegerkalong – Bandung. Pada kesempatan kali ini (Jumat Sore, 17 Dzulhijjah 1438 H / 8 September 2017) dibawakan oleh Ustadz Abu Khaleed Resa Gunarsa Lc. hafizhahullah membahas ” Meraih Sholat Yang Khusyu “.

KUTIPAN KAJIAN

Meraih Sholat yang Khusyu

Ikhwani fiddin wa akhwati fillah wa rahimani wa rahimakumullah materi kita pada kesempatan sore hari ini insya Allah tentang al-Khusyu’ fi ash-Shalah yaitu bagaimana kita meraih ke-khusyu-an didalam sholat-sholat yang kita lakukan. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman didalam surat al-mu’minun :

قَدۡ أَفۡلَحَ ٱلۡمُؤۡمِنُونَ
Sungguh Beruntung Orang-Orang yang Beriman, kemudian Allah Subhanahu wa ta’ala menyebutkan sifat-sifat orang-orang yang beriman didalam rangkaian ayat-ayat ini, maka yang pertama kali yang Allah sebutkan sebagai salah satu sifat orang-orang yang beriman, akan mendapatkan keberuntungan itu adalah :

ٱلَّذِينَ هُمۡ فِى صَلَاتِہِمۡ خَـٰشِعُونَ
Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, siapa orang yang beriman itu? yaitu orang-orang yang mereka Khusyu’ didalam sholat-sholat mereka.

Kemudian Allah subhanahu wa ta’ala menyebutkan sifat-sifat yang lainnya, dari sifat-sifat orang yang beriman ini, kemudian Allah subhanahu wa ta’ala menyebutkan balasan yang akan diterima oleh mereka, Allah subhanahu wa’ala berfirman dalam ayat ke-10 nya.
أُوْلَـٰٓٮِٕكَ هُمُ ٱلۡوَٲرِثُونَ, Merekalah orang-orang yang akan mendapatkan warisan. warisan apa ?
ٱلَّذِينَ يَرِثُونَ ٱلۡفِرۡدَوۡسَ هُمۡ فِيہَا خَـٰلِدُونَ yaitu orang-orang yang akan mendapatkan warisan surga firdaus, هُمۡ فِيہَا خَـٰلِدُونَ mereka didalamnya didalam surga itu mereka kekal. Ini balasan bagi orang-orang yang beriman yang diantara salah satu sifat mereka adalah ٱلَّذِينَ هُمۡ فِى صَلَاتِہِمۡ خَـٰشِعُونَ yaitu orang-orang yang mereka khusyu’ didalam sholat mereka, maka Allah mengatakan أُوْلَـٰٓٮِٕكَ هُمُ ٱلۡوَٲرِثُونَ (١٠) ٱلَّذِينَ يَرِثُونَ ٱلۡفِرۡدَوۡسَ هُمۡ فِيہَا خَـٰلِدُونَ itu orang-orang mewarisi surga firdaus, didalamnya mereka kekal. Apa makna kekal? selama-lamanya, abadi artinya mereka tidak akan berpindah darinya, tidak akan ada yang keluar darinya, tidak akan ada yang mengusirnya, dan mereka tidak ingin keluar darinya.

 

Silahkan download audio berikut untuk penjelasan lebih lanjut.

Baarakallohufiikum

————————-

Dapatkan informasi dari Radio Rodja Bandung, melalui :

SUBSCRIBE!
Youtube : https://goo.gl/awUYFB
Facebook Page: https://goo.gl/i7M4zB
Twitter: https://goo.gl/vzDqJx
Telegram: https://goo.gl/gMhB6e
G+: https://goo.gl/CqyYxF
Website: https://goo.gl/55kXrU

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here