Arti dari Malaikat – Membenahi Aqidah 51

0
79

Berikut adalah rekaman ceramah agama islam yang membahas tentang penjelasan Kitab Tauhid, dengan nama kajian Membenahi Aqidah, yang diambil dari kitab Al-Irsyad Ila Shahiihil I’tiqad karya Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan disampaikan oleh Ustadz Abu Haidar as-Sundawy di  Masjid Agung Al-Ukhuwwah Jl. Wastukencaena, Kota Bandung, pada hari Jumat Sore, 30 Rabi’ul Akhir 1441 H / 27 Desember 2019 yang lalu.

Di antara malaikat, ada yang ditugaskan yang berkaitan secara langsung dengan manusia, misalnya malaikat penjaga. Allah Ta’ala berfirman:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ

“Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah.” (QS. Ar-Ra’du: 11).

Ada pula malaikat yang bertugas untuk mendampingi manusia di kanan dan kirinya. Di kanannya mencatat catatan kebaikan, adapun di kiri mencatatkan amal keburukan. Mereka disebut ‘Rakib dan Atid’. Allah Ta’ala berfirman:

ِ إِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيَانِ عَنِ الْيَمِينِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيدٌ مَّا يَلْفِظُ مِن قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ

“Ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, salahsauya duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya Rakib dan Atid.” (QS. Qaaf: 17-18).

Di sekeliling manusia, tidak akan terlepas dari kehadiran para malaikat. Sekalipun di tempat yang sepi, sekalipun manusia berada di temat kotor seperti dalam toilet, ada malaikat yang selalu meyertai manusia.

Untuk selengkapnya silakan download audio di bawah ini dan simak penjelasannya secara rinci.

Follow akun resmi media kami :
———————————————
SoundCloud : @radiotarbiyahsunnah
Telegram : tarbiyahsunnahchannel
Youtube : tarbiyahsunnahchannel
Instagram : radiotarbiyahsunnah
Facebook : tarbiyahsunnahchannel

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here